Remote komputer lewat internet

Posted: Juli 5, 2012 in artikel, komputer, Tip & Trik
Tag:,

Ketika anda sedang berada di luar kota atau bahkan di luar negeri, dan anda harus mengakses komputer anda yang ada di rumah, di kantor atau dimana saja. untuk copy file atau keperluan lainnya, atau untuk troubleshooting masalah program di client atau customer anda yang jaraknya cukup jauh,  atau untuk keperluan setting konfigurasi alat / mesin dll, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi remote komputer via internet.

Dengan aplikasi remote komputer / remote desktop, seolah-olah kita berada persis di depan komputer yang aslinya (yang diremote) karena tampilannya akan persis sama .

Salah satu aplikasi yang handal untuk keperluan ini adalah TeamVewer, aplikasi yang gratis (gratis untuk personal, berbayar untuk commercial use), ukuran installernya hanya sekitar 3MB,  untuk mendownload tinggal   masuk ke situsnya di  www.teamviewer.com

TeamViewer ini untuk install dan  penggunaannya sangatlah mudah, diinstalkan pada ke dua komputer yang akan diremote dan yang akan meremote. Installnya tinggal next next saja sampai finish, tidak perlu mengubah settingnya, biarkanlah secara default.

Ketika aplikasi dijalankan maka akan menampilkan nomor ID dan password

Kita yang akan meremote harus mengetahui nomor ID dan password TeamViewer dari komputer yang akan diremote, ini bisa diinfokan lewat telephone, SMS atau email.
Nomor ID yang telah kita dapat dari komputer yang akan diremote kemudian kita masukkan pada kolom Partner ID, Klik pada Connect to partner untuk memulai meremote.
(Di komputer yang akan diremote yang dilakukan hanyalah menjalankan aplikasi TeamViewer , dan menginfokan nomor ID dan passwordnya kepada kita/orang yang akan meremote).
Setelah klik  Connect to partner maka akan muncul permintaan password, tinggal masukkan saja passwordnya. kemudian klik Logon, maka komputer yang diremote akan tampil.
Untuk diperhatikan bahwa ID dan Password digunakan untuk melakukan koneksi dengan komputer yang akan terhubung dengan komputer anda. Dan password ini akan berubah-berubah setiap kali TeamViewer Launch. Tentunya akan sangat merepotkan bila setiap anda mau terhubung harus terus mengganti password bukan? Untuk itu kita perlu melakukan pengaturan di Teamviewer dengan cara sebagai berikut:Pada pojok kanan atas pilih Ekstra. Lanjutkan dengan memilih Opsi dan setelah itu akan muncul jendela seperti di bawah ini.Akses Komputer Jarak Jauh Menggunakan TeamViewer ImagePada gambar di atas adalah konfigurasi yang bisa digunakan untuk aplikasi Team Viewer. Detailnya bisa dibaca di bawah ini:

  • Nama tampilan : berfungsi sebagai identifikasi komputer ketika anda sudah terhubung dengan komputer lain
  • Mulai tampilan TeamViewer bersama Windows : agar teamviewer dapat startup bersama Windows tanpa perlu relaunch dan otomatis opsi tutup ke menu tray akan tercentang
  • Pengaturan proxy : apabila koneksi anda menggunakan proxy
  • Koneksi LAN masuk : apabila anda terkoneksi melalui kabel jaringan (LAN) anda dapat memilih apakah koneksi dapat masuk ke anda atau tidak. Ada tiga pilihan disini yaitu dinonaktifkan, diterima dan diterima secara ekslusif. Pilih diterima

Lalu untuk pengaturan master password klik opsi keamanan pada sebelah kiri:

Isi password yang akan dijadikan master password apabila melakukan koneksi dengan komputer lain melalui TeamViewer. Selanjutnya pilih opsi control jarak jauh.

Pada opsi ini anda dihadapkan bagaimana TeamViewer melayani anda ketika sedang terhubung dengan komputer lain. Dalam opsi ini ada beberapa pilihan :

  • Kualitas : menampilkan kualitas gambar komputer lain yang telah terhubung dengan anda. Pilihannya antara lain : pilihan otomatis, optimalkan kecepatan, optimalkan kualitas dan pengaturan kesukaan.
  • Hapus wallpaper jarak jauh berfungsi untuk tidak menampilkan wallpaper dikomputer lain yang terhubung dengan anda
  • Tampilkan kursor berfungsi untuk menampilkan kursor komputer lain pada saat terhubung
  • Perekaman sesi berfungsi untuk apabila anda ingin merekam segala aktivitas anda ketika anda terhubung di opsi ini anda harus menentukan letak hasi rekaman anda disimpan
  • Control akses, bagaimana anda mengontrol komputer lain apakah dengan akses penuh atau terbatas
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s