Tirta Yatra Ke Pura Agung Blambangan &Pura Giri Mandara Semeru Agung

Posted: Juni 7, 2012 in artikel, Pura
Tag:, , , , , ,

Tirta Yatra atau wisata spiritual kali ini kami mengunjungi Pura yang ada di Pulau Jawa yaitu Pura Agung Blambangan yang terletak di desa tembok rejo kecamatan muncar kabupaten Banyuwangi dan Pura Giri Mandara Semeru Agung yang terletak di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Setelah rombongan semua berkumpul, tepat pukul 17.00 Wita kami berangkat dari Denpasar menuju Gilimanuk. seperti biasa saat melintas di Pura Rambut Siwi kabupaten Negara kami berhenti sejenak guna melakukan persembahyangan guna memohon keselamatan selama perjalanan tirta yatra.  Pukul 20.15 wita rombongan sampai di pelabuhan Gilimanuk tuk selanjutnya menyebrang lautan selat Bali menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Perjalananpun kami lanjutkan ke arah selatan menuju Pura Agung Blambangan. sekitar pukul 23.00 wita rombongan kami telah tiba di Pura Blambangan.

Pura Agung Blambangan

Pura Agung Blambangan letaknya di desa tembok rejo kecamatan muncar kabupaten Banyuwangi. Perjalanan ke Pura Blambangan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Ketapang dengan menggunakan Bus.

Pelataran Pura Agung Blambangan mempunyai Luas sekitar 1.000 m2. sekitar pukul 23.00 wita rombongan kami telah tiba di Pura Agung Blambangan. selanjutnya kami berkemas kemas mandi & berganti pakaian di kamar mandi yang berjejer rapi dan bersih yang terletak di seberang areal pura. Tepat pukul 24.00 wita kami memasuki areal pura guna melaksanakan persembahyangan bersama. Di jaba tengah terdapat Wantilan yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti tari tarian, atraksi kesenian dan lain-lain.  Areal Pura Agung Blambangan sangatlah luas, di dalamnya terdapat bangunan utama  berupa padmasana yang tinginya sekitar 10 meter, diapit 2 buah patung yang mengalirkan air suci atau tirta, di areal ini juga terdapat beberapa bangunan suci.  Areal sembahyang sangat luas dan asri karena terdapat aneka tumbuhan yang rindang seperti pohon dapdap, cepaka, dan bunga kamboja yang harum semerbak mewangi. Persembahyangan di Pura Agung Blambangan dipimpin oleh Pemangku setempat, dibawah pancaran sinar purnama menambah khusuknya persembahyangan di Pura Agung Blambangan ini.  Selesai melaksanakan persembahyangan rombongan kembali ke bus guna melanjutkan perjalanan menuju Pura Giri Mandara Semeru Agung.

Pura Giri Mandara Semeru Agung

Pura Giri Mandara Semeru Agung merupakan salah satu Pura Kahyangan jagat yang ada di pulau jawa, tepatnya  terletak di di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Perjalanan dari Pura Agung Blambangan ke Pura Giri Mandara Semeru kami tempuh dalam waktu sekitar 4 jam. pukul 05.30 wita rombongan kami telah tiba Pura Giri Mandara Semeru Agung. selanjutnya kami segera berkemas Mandi dan berganti pakaian di tempat yang sudah tersedia. Pura Mandara Giri Semeru Agung memiliki areal yang sangat luas, Gaya arsitekturnya mengikuti gaya arsitektur pura-pura di Bali, yaitu arsi-tektur trdisional Bali yang masih mengikuti gaya arsitektur zaman kerajaan Majapahit. Pura Mandaragiri Semeru Agung  dibangun pada tahun 1991 di kaki gunung semeru yang berhawa sejuk tepatnya di Desa Senduro Kabupaten Lumajang Jawa timur.  Setelah melewati beberapa anak tangga kita akan menuju Madya Mandala dengan melewati candi bentar yang sangat megah, arsitekturnya menyerupai candi jaman kerajaan Majapahit dan terbuat dari bata merah yang tersusun rapi. di areal tengah atau Madya mandala terdapat banyak bangunan yang berfungsi untuk menunjang proses upacara dan persembahyangan di Pura ini, yang antara lain terdapat Bale patok untuk tempat peristirahatan pemedek, Bale Gong, Bale kulkul, pendopo, Bale petandingan, juga Wantilan yang sangat luas. dibelakang wantilan ini terdapat banyak kamar mandi untuk pemedek yang akan mandi dan berganti pakaian.

Setelah semua rombongan siap selanjutnya kami menuju Utama Mandala dengan melewati gelung kori atau candi kurung dengan ukiran ukiran yang sangat unik & menarik. Di baagian utama mandala terdapat pelinggih utama berupa Padma yang diberi nama Padma Naba.  Selain Padma naba, di utama mandala juga terdapat Bale tajuk, Anglurah, Bale paselang dan Paletasan. Seperti di Pura pura kahyangan jagat yang lainnya, Persembahyangan disinipun dipimpin oleh pemangku setempat yang setiap hari selalu siap memimpin persembahyangan di Pura Mandara Giri Semeru Agung ini. Demikian sedikit gambaran perjalanan Tirta yatra kami, semoga bisa bermanfaat bagi teman teman yang ada rencana melaksanakan persembahyangan ke Pura Agung Blambangan maupun ke Pura  Mandara Giri Semeru Agung ini.  salam…

Berikut beberapa gambar yang sempat saya abadikan dari Pura Mandara Giri Semeru Agung:

About these ads
Komentar
  1. nakbalibelog mengatakan:

    Semoga umat Hindu selalu dalam Lindungan Ida Hyang Widhi Wasa, serta memperoleh limpahan rezeki dalam setiap kerja dan usaha, awighnamastu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s